Penciptaan Dan Kehadiran Suku Navajo


Ada beberapa kisah penciptaan dalam suku Navajo dan semuanya melibatkan beberapa “dunia bawah” atau Underworld dimana makhluk-makhluk muncul ke permukaan hingga mencapai dunia yang saat ini ditinggali. Dalam beberapa versi, dunia saat ini adalah dunia kelima sementara pada versi lain adalah dunia keempat.

Dunia pertama adalah dunia yang hitam dengan empat sudut. Pada masing-masing sudut tergantung kolom-kolom awan hitam, putih, biru, atau kuning. Manusia pria pertama diciptakan pada sudut Timur Laut, dimana awan hitam dan putih saling bertemu. Manusia wanita pertama diciptakan pada sudut Barat Daya, dimana awan berwarna kuning dan biru saling bertemu.

Makhluk-makhluk yang tinggal di dunia ini adalah pada Nilch’i Dineh, Orang-orang roh udara atau orang-orang kabut yang tidak memiliki wujud. Kemudian terjadi konflik diantara para Nilch’i Dineh sehingga semua penduduk dunia itu naik ke dunia kedua, Dunia Biru.

Makhluk-makhluk yang tinggal di dunia kedua ini juga mengalami konflik dan saling berperang sehingga dunia itu dipenuhi dengan kesengsaraan dan kesedihan. Manusia pertama kemudian membuat sebuah tongkat dari jet (sejenis mineral berwarna hitam pekat), turquoise (batuan berwarna hijau kebiruan), abalone (pauhi) dan kerang putih untuk membawa orang-orang ke dunia ketiga, Dunia Kuning.

Setelah hidup di sana beberapa lama, para penduduknya menjadi korup dan memiliki cara hidup yang tidak lagi seperti apa adanya. Air bah kemudian menghancurkan dunia ini. Untuk menyelamatkan orang-orang, Manusia Pertama membuat gunung tinggi, tetapi masih belum mencapai dunia berikutnya. Di puncaknya, Manusia Pertama mencoba untuk menanam cemara, kemudian pinus, kemudian alang-alang jantan. Tidak ada satu pun yang tumbuh cukup tinggi untuk bisa mencapai dunia berikutnya. Pada akhirnya, Manusia Pertama menanam alang-alang betina yang kemudian tumbuh hingga mencapai dunia berikutnya, dan orang-orang memanjat alang-alang itu untuk mencapai dunia keempat, atau Dunia Berkilauan.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang-orang adalah membuat bangunan dan menyanyikan lagu sebagai tanda bersyukur. Manusia pertama kemudian membangun tempat tinggal pertama. Dengan tanah kuning yang dibawanya dari dunia Kuning, dia menciptakan gunung suci. Setelah gunung-gunung ditempatkan, para Diyin Dineh, atau orang-orang suci, menempatkan Matahari dan Bulan di langit untuk menciptakan siang dan malam, dan menciptakan berbagai hal yang penting bagi hidup. Dewa Hitam (Dea dunia hitam) menciptakan bintang-bintang dan rasi bintang (konstelasi).

Sama seperti kisah penciptaan dan kehadiran suku Hopi, kisah penciptaan suku Navajo melibatkan dunia yang sudah ada sejak awal mula yang kemudian hancur karena penghuninya hidup penuh dengan peperangan, pertikaian dan mengakibatkan kesengsaraan.

Sumber : Native American Mythology A to Z – Second Edition – Patricia Ann dan Jeremy Roberts – Halaman 100 : Navajo (Dineh) Emergence


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Dunia pada tanggal Jan 01, 2017
Tags : , ,