Persaingan Swasta Semakin Memanas, Pendaratan Di Bulan : Akhir 2017




Persaingan dalam perlombaan penjelajahan bulan oleh perusahaan swasta kian memanas, beberapa perusahaan swasta telah mengajukan proposal untuk melakukan pendaratan dan penjelajahan di Bulan yang ditargetkan akan terlaksana pada akhir tahun 2017.

Untuk mengikuti perlombaan ini, setiap kontestan harus mulai peluncuran ke Bulan sebelum tanggal 31 Desember 2017. Untuk memenangkannya, sebuah probe harus mendarat dan menjelajar minimal 500 meter dan mengirimkan gambar beresolusi tinggi kembali ke Bumi. Di luar dari syarat tersebut, beberapa perusahaan diperbolehkan memiliki misi khusus yang juga akan mendapatkan hadiah tambahan, seperti Moon Express yang juga akan mencari dan menambang platinum dan helium-3, termasuk ambisi untuk menempatkan fondasi bagi koloni manusia di masa yang akan datang.

Pemenangnya akan mendapatkan hadiah Google Lunar XPRIZE sebesar 20 juta USD, dan masih ada hadiah total 5 juta USD bagi runner-up.

Google dan sebuah perusahaan non-profit, X Prize, mengumumkan bahwa diantara 33 tim yang bertanding, 5 diantaranya telah menandatangani kontrak untuk mengirimkan wahananya ke Bulan. Kelima tim tersebut adalah :

Meskipun mereka tidak menentukan waktu tepatnya untuk peluncuran, tetapi mereka diberi deadline untuk melakukan peluncuran sebelum tanggal 31 Desember 2017. Setelah kompetisi ini berhasil, maka akan tiba saatnya untuk kembali mengirimkan astronot ke Bulan setelah 45 tahun sejak Gene Cernan menjejakkan kaki di bulan.

Kompetisi yang didirikan pada tahun 2007 ini bermaksud untuk mengurangi biaya penerbangan ke luar angkasa yang dikeluarkan oleh pemerintah, juga untuk menginspirasi para ilmuwan dan teknisi.

Referensi :
Google Lunar X PrizeWikipedia
The new space race: Private moon launches by Dec. 31New York Post
India, Israel Among Five Teams Fighting For First Private Moon LandingSputnik News
Private Space Race Heats Up, Moon Landing Expected in Late 2017Sputnik News


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Science, Teknologi pada tanggal Feb 03, 2017
Tags :