Penyakit Demam Zika


Mungkin istilah ini terdengar asing bagi kita di Indonesia tetapi mungkin beberapa dari kita pernah mengalami penyakit ini tetapi tidak menyadarinya. Demam Zika atau penyakit Zika ini disebabkan oleh Zika virus yang disebarkan oleh nyamuk yang sama dengan pembawa demam berdarah, Aedes aegypti. Sejak tahun 1950an penyakit ini dikenal sering menyerang daerah-daerah di sekitar garis katulistiwa dari Afrika hingga Asia. Penyakit ini mirip dengan demam berdarah tetapi ringan dan hanya bisa disembuhkan dengan beristirahat dan tidak bisa disembuhkan atau dicegah dengan obat-obatan maupun vaksin.

Penyakit ini disebabkan oleh virus Zika yang terdiri hari hanya satu rangkaian genom RNA positif tanpa segmen. Virus ini pertama kali dipisahkan dari kera rhesus di sebuah tempat bernama hutan Zika di Uganda pada tahun 1947, dan sejak tahun 1951 hingga 1981 ditemukan bukti bahwa virus ini mulai menjangkiti manusia.

Virus ini disebarkan oleh nyamuk-nyamuk yang aktif di siang hari terutama nyamuk genus Aedes seperti Aedes aegypti, Aedes africanus, Aedes apicoargenteus, Aedes furcifer, Aedes hensilli, Aedes luteocephalus, dan Aedes vitattus, dengan lama periode inkubasi sekitar 10 hari.

Gejala yang umumnya dialami oleh mereka yang terjangkit Zika virus ini adalah demam, bintik merah pada kulit, nyeri persendian dan mata merah, gejala penyakit ini biasanya berlangsung dari beberapa hari hingga satu minggu dan tidak pernah terjadi sakit yang parah. Penderita demam Zika biasanya hanya ke rumah sakit untuk pemeriksaan saja. Hingga saat ini tidak ada vaksin atau obat-obatan untuk menyembukan atau mencegah terjangkit oleh Zika virus, satu-satunya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan mengendalikan pertumbuhan nyamuk di lingkungan tempat tinggal.

Berikut ini adalah 5 hal yang perlu diketahui tentang virus Zika :

  1. Jarang sekali menyebabkan gejala yang parah,
  2. Disebarkan oleh nyamuk yang sama dengan pembawa penyakit demam berdarah dan chikungunya,
  3. Menyebar dengan cepat dengan jangkauan yang jauh hingga antar-benua,
  4. Belum dipastikan apakah Zika bisa menyebabkan cacat lahir seperti microcephalus,
  5. Tidak ada obat maupun vaksin untuk menyembuhkan penyakit ini, tetapi karena tingkat penyakitnya ringan bisa disembuhkan hanya dengan beristirahat.
Sumber artikel mengenai Zika Virus :
CDC
Wikipedia
NBC

Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Kesehatan pada tanggal Jan 20, 2016
Tags : , , ,