Penyakit Langka Mematikan: Amebic Mengioencephalitis


Amebic Mengioencephalitis adalah penyakit yang disebabkan oleh amoeba langka yang memakan jaringan otak yang bernama Naegleria fowleri, infeksi oleh amoeba ini sebagian besar berakibat fatal dan menyebabkan kematian. Salah satu kasusnya adalah kematian seorang wanita berumur 18 tahun pada hari Minggu, 19 Juni 2016 dimana CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengkonfirmasi keberadaan amoeba ini dalam cairan tulang belakang otak.

Apa itu Naegleria fowleri ?

Amoeba adalah hewan bersel satu yang umum terdapat pada air, salah satunya adalah Naegleria fowleri yang sangat langka. Seseorang tidak akan jatuh sakit karena meminum air yang terkontaminasi oleh amoba ini, tetapi ketika air yang mengandung Naegleria fowleri masuk melalui hidung maka ada kemungkinan amoeba ini akan menempel pada rongga hidung dan bergerak menuju otak. Konsekuensinya hampir selalu mematikan. Amoeba ini umum ditemui di air tawar dan lapisan tanah yang hangat tetapi tidak ditemui pada air asin (laut). Infeksi amoeba ini sering terjadi di bulan-bulan musim panas di Amerika Selatan dan tidak menular.

Gejala

Gejala infeksi amoeba ini termasuk sakit kepala, demam, mual dan muntah, biasanya terjadi sekitar lima hari setelah infeksi tetapi bisa juga terjadi dalam rentang waktu satu hingga sembilan hari sejak terinfeksi, dan bisa menyebabkan kematian dalam rentang waktu lima hari setelah gejala infeksi muncul.

Sangat langka

Perlu diketahui bahwa infeksi Nargleria fowleri ini sangat langka, menurut catatan CDC dilaporkan hanya ada 37 infeksi dalam rentang waktu 10 tahun sejak 2006 hingga 2015, meskipun demikian tingkat kematian terhadap amoeba ini sangat tinggi, yaitu 97%. Sejak tahun 1962 hingga 2015 hanya ada 3 orang selamat dari 138 orang yang terinfeksi oleh amoeba ini.


images
Naegleria fowleri, gambar dari CDC.

Mencegah infeksi Naegleria fowleri

Dikutip dari CNN berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari infeksi Naegleria fowleri.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Kesehatan pada tanggal Jun 23, 2016
Tags : , ,


www.000webhost.com