Perhatikan Label Halal Resmi (Asli) dan Tidak Resmi (Palsu)


Keberadaan logo atau label HALAL pada makanan adalah hal yang diperlukan terutama di Indonesia, keberadaan label ini digunakan sebagai indikator bahwa makanan tersebut layak dikonsumsi bagi masyarakat luas. Tetapi ada hal yang perlu diwaspadai karena rupanya ada label halal palsu yang digunakan oleh produsen makanan kemasan.

Logo HALAL asli atau resmi di Indonesia


contoh logo Halal resmi pada kemasan mie instan

Contoh logo Halal resmi pada kemasan mie instan, perhatikan adanya nomor sertifikat LPPOM termasuk juga label dari BPOM.

Logo halal yang resmi digunakan di Indonesia adalah logo Halal yang dikeluarkan oleh MUI dengan desain bertuliskan MAJELIS ULAMA INDONESIA melingkar dibagian luar seperti pada gambar di atas, selain itu yang paling penting adalah adanya nomor sertifikat Halal yang biasanya tercantum di bawah logo. Nomor sertifikat ini wajib ada. Karena berupa sertifikat, maka ada masa kadaluarsa sehingga perlu adanya perpanjangan sertifikasi untuk memastikan adanya pengawasan secara berkala. Keaslian nomor sertifikat ini bisa di cek melalui website resmi LPPOM MUI di bagian consumer product :

http://e-lppommui.org/product_customer/

Sementara untuk kode BPOM bisa di cek di halaman resmi Cek Produk BPOM :

http://cekbpom.pom.go.id/

Logo HALAL palsu atau tidak resmi

Logo halal yang tidak resmi, kemungkinan palsu, biasanya memiliki ciri-ciri berikut :

1. Desain hanya mencantumkan logo HALAL saja, tidak berwarna dan tanpa tulisan MAJELIS ULAMA INDONESIA, seperti pada contoh di bawah ini :


logo halal tidak resmi / palsu

2. Logo halal tercantum sebagai sticker tempel pada kemasan. Hindari produk-produk yang mencantumkan logo HALAL dalam bentuk sticker.

3. Logo halal tampak seperti logo resmi di atas, tetapi tidak mencantumkan nomor sertifikat, atau nomor sertifikat yang tercantum tidak ditemukan di database LPPOM MUI. Dengan jaman yang semakin mobile ini, tentunya kita bisa melakukan pengecekan melalui perangkat smartphone kita dengan mengunjungi situs resmi LPPOM MUI di atas atau dengan menginstall aplikasi khusus untuk verifikasi pada perangkat smartphone.

Untuk produk makanan pastikan juga telah lolos uji dari BPOM dengan adanya label dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, seperti pada contoh di atas. Kondisi ini berlaku bagi produk-produk yang diproduksi di Indonesia. Bila produk diproduksi di negara lain, tentunya akan ada label halal dengan desain dan tata tulis yang berbeda.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Publik pada tanggal Feb 08, 2017
Tags : ,