Perlukah Trik SEO Baru ?


Biasanya ketika saya membaca sebuah forum atau mengikuti obrolan-obrolan tentang SEO, sering terlontar mengenai trik SEO terbaru. Pertanyaan, termasuk pembahasan mengenai hal ini biasanya terlontar dari para pemula dalam bidang SEO, karena “menurut mereka”, setiap tahun Google selalu mengubah algoritma mesin pencarinya. Mari kita bahas mengenai hal ini.

1. Google tidak pernah merubah algoritma

Google sama sekali tidak pernah merubah algoritma mesin pencarinya. Tetapi Google selalu menambahkan algoritma-algoritma baru supaya mesin pencari bisa menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para pengguna internet. Penambahan algoritma ini juga ditujukan untuk memberi penalti atau hukuman bagi mereka yang menjalankan seo secara curang. Seperti misalnya keyword stuffing, spamming, menggunakan invisible text atau teks yang tidak terlihat dan lain sebagainya.

2. Bila anda sudah benar dalam menjalankan SEO, anda tidak akan terpengaruh oleh algoritma-algoritma yang ditambahkan Google.

Dengan kata lain, bila dari awal anda sudah menjalankan SEO dengan benar, anda tidak perlu trik SEO baru dan website anda tidak akan terpengaruh oleh algoritma-algoritma baru yang ditambahkan oleh developer Google.

Dengan kondisi di atas, bila anda merasa bahwa SEO halaman website atau blog anda terpengaruh oleh algoritma baru Google, misalnya google rank tiba-tiba turun atau tiba-tiba menghilang dari hasil pencarian, maka bisa dikatakan anda sejak awal sudah salah menjalankan SEO. Misalnya anda menggunakan keyword stuffing, dimana dalam artikel anda lebih mengutamakan kepadatan keyword daripada kelengkapan informasi. Atau anda mengkoleksi backlink menggunakan bot, spamming, atau membeli pagerank.

3. Bagaimana cara menghindari terpengaruh dengan algoritma yang ditambahkan oleh Google ?

4. Tidak semua update pada algoritma Google bisa dilewati begitu saja.

Bila pada awal SEO kita sudah benar dalam hal konten, sehingga tidak terpengaruh oleh algoritma-algoritma yang sifatnya “menghukum” mereka yang menjalankan SEO secara curang, ada beberapa algoritma tambahan yang menuntut blogger dan webmaster untuk sedikit mengupdate website atau blog mereka. Tetapi biasanya tidak berhubungan dengan inti dari SEO itu sendiri.

Misalnya pada tahun ini Google akan memisahkan hasil pencarian yang dilakukan dari mobile device dan desktop (misalnya PC atau laptop). Sehingga hasil pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile hanya akan menampilkan halaman-halaman website yang memiliki tampilan yang mobile friendly, baik itu menggunakan template yang responsif atau menggunakan stripped down mobile template.

Sehubungan dengan hal ini, Google mengembangkan AMP (Accelerated Mobile Pages) yang merupakan HTML webpage khusus mobile yang begitu sederhana tetapi interaktif dan ringan bagi perangkat mobile.

Selain mengenai mobile template Google juga memutuskan untuk meningkatkan kemudahan pengguna dalam mendapatkan informasi yaitu dengan “menghukum” halaman-halaman website yang memiliki iklan pop-up maupun interstitial yang menutupi sebagian besar konten sehingga pengguna tidak langsung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Dua perubahan algoritma di atas berhubungan dengan tempilan website, tetapi bagi mereka yang dari awal sudah memiliki template yang mobile friendly dan tidak menggunakan iklan yang mengganggu seperti yang dijabarkan di atas, tidak akan terpengaruh terhadap perubahan besar ini dan tidak perlu melakukan apa pun. Karena itulah, seperti yang saya katakan tadi, bila anda membangun website dan menjalankan SEO dengan benar sejak awal, maka anda tidak akan terpengaruh terhadap perkembangan algoritma yang diterapkan oleh Google.

Nah …
Daripada menjalankan SEO dengan asal-asalan hanya untuk mendapatkan ranking 1 atau tampil di halaman pertama hasil pencarian, lebih baik fokuskan untuk menjalankan SEO dengan benar yang tidak ditujukan untuk sebuah mesin pencari, tetapi ditujukan untuk pembaca dan pengguna internet.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori SEO pada tanggal Mar 08, 2017
Tags : ,