Photobucket Tidak Bisa Lagi Untuk 3rd Party Image Hosting


Sejak tanggal 20 Juli 2017, Photobucket mulai memberlakukan kebijakan barunya, yaitu 3rd party image hosting tidak lagi gratis. Dalam artian, bila anda menggunakan photobucket untuk berbagi gambar baik itu pada forum maupun blog, sebaiknya anda mencari alternatif lain, atau bila ingin tetap menggunakan Photobucket sebagai 3rd party image hosting, anda harus membayar $399 per tahun.

Sebenarnya masih banyak penyedia layanan image hosting yang memperbolehkan kita untuk membagikan gambar secara gratis, bahkan beberapa diantara mereka menawarkan unlimited bandwidth secara gratis, dan yang perlu anda lakukan hanya memasang link menuju halaman gambar anda di website mereka sehingga menampilkan gambar berukuran penuh. Jadi kita tidak perlu membayar $399 per tahun hanya untuk menyimpan dan membagikan gambar secara online.

Di bawah ini adalah gambar yang menggantikan gambar-gambar yang anda pasang pada blog atau situs lain menggunakan layanan gratis Photobucket.

Saya pribadi sudah melakukan backup file-file image dan memindah gambar untuk blog saya dan foto-foto yang saya backup secara online ke penyedia layanan image hosting lain yang menyediakan fasilitas 3rd party image hosting gratis setelah sebelumnya hampir semua gambar dalam blog saya berubah menjadi notifikasi bahwa pemakaian 3rd party sharing pada photobucket telah melampaui batas pemakaian wajar.

Situs jual-beli online terbesar ikut kena dampak

Situs jual-beli online, termasuk Amazon juga sempat terkena dampak dari kebijakan baru ini, gambar-gambar produk yang ditampilkan pada situs tersebut berubah menjadi notifikasi penggunaan fasilitas 3rd party image hosting yang telah melampaui batas.

Kebijakan baru ini membuat banyak pengguna layanannya melakukan protes di sosial media, beberapa diantaranya, termasuk saya, menutup akun Photobucket dan memutuskan untuk pindah ke layanan image hosting lain. Photobucket pun menerima tuduhan melakukan ‘ransom demand’ atau meminta tebusan senilai $400 per tahun untuk gambar-gambar yang ingin dibagikan pada situs lain.

Apakah ini berarti layanan gratis Photobucket tidak bisa digunakan sama sekali ?

Tidak juga, anda masih bisa menggunakan layanan gratis dari Photobucket, tetapi tidak lebih dari sebagai media penyimpan foto saja. Tidak lebih. Di luar sana banyak sekali layanan cloud hosting yang menampung file anda secara permanen dan tidak hanya foto dan video saja, tetapi juga file-file lain termasuk dokumen.

Bila anda perlu media penyimpanan online, lebih baik anda memilih cloud hosting service yang tidak hanya bisa menyimpan foto saja tetapi juga file-file lain yang ingin anda backup.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging pada tanggal Jul 29, 2017
Tags : ,