Prosedur Cek Fisik Bantuan Samsat Manyar, Surabaya


Bagi pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan perpanjangan STNK atau Surat tanda nomor kendaraan. Salah satu persyaratannya adalah cek fisik kendaraan yang bertujuan untuk proses identifikasi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan bermotor. Proses perpanjangan STNK harus dilaksanakan di kota asal TNK (Tanda Nomor Kendaraan) akan tetapi proses cek fisik bisa dilakukan di mana saja. Proses cek fisik untuk kendaraan bermotor dengan plat luar kota ini disebut dengan cek fisik bantuan. Berikut adalah prosedur proses cek fisik bantuan di Samsat Manyar, Surabaya serta sekilas proses selanjutnya di samsat asal.

Mungkin bagi kita yang belum tahu proses cek fisik untuk kendaraan bermotor luar kita akan beranggapan bahwa prosesnya akan rumit. Ternyata tidak dan prosesnya cukup cepat, yang saya alami proses cek fisik bantuan hanya memakan waktu sekitar 5 menit dan tidak dipungut biaya admistrasi.

Catatan : tidak semua samsat bebas biaya administrasi. Beberapa samsat daerah tertentu biasanya ada biaya untuk form cek fisik.

Loket Cek Fisik Samsat Manyar. Tempat parkir khusus cek fisik persis di depannya (posisi motor Shogun Merah)

seluruh aktifitas cek fisik dilakukan di sini

Persyaratan

Syarat untuk cek fisik bantuan adalah : BPKB asli, STNK asli, dan KTP asli sesuai STNK. Ketiga dokumen tersebut tidak perlu difotocopy. Bawa juga kendaraan anda ke samsat terdekat karena salah satu syaratnya adalah kendaraan wajib datang. Selain itu juga terdapat syarat bahwa Kendaraan harus standart tentunya termasuk penggunaan spion standart, plat nomor standart, ban standart dan knalpot standart. Jangan lupa siapkan map folio yang bisa didapatkan di tempat-tempat penyedia layanan foto copy.

Proses / Prosedur Cek Fisik Bantuan

Ketika kita pertama kali tiba di Samsat Manyar, Surabaya yang beralamat di Jl. Manyar Kertoarjo No. 1, Manyar Sabrangan, Mulyorejo, Kota Surabaya tepat berseberangan dengan Gramedia Manyar kita masuk melalui samping samsat. Setibanya di sana kita akan disambut oleh para tukang parkir yang juga merangkap sebagai calo. Saran saya jangan parkir di tempat yang diarahkan oleh tukang parkir tetapi langsung masukkan ke dalam samsat dan kita akan menemui tempat parkir khusus cek fisik yang berposisi tepat di depan loket cek fisik.

Bawa BPKB, KTP dan STNK ke loket pendaftaran, anda akan diminta untuk menunjukkan BPKB dan STNK asli kemudian diarahkan untuk mengambil form cek fisik yang ternyata ada di bapak penjaga parkir masuk. Jangan lupa sebutkan bahwa tujuan anda adalah Cek Fisik Bantuan.

Setelah menerima form, isi formulir sesuai STNK dan BPKB kemudian serahkan ke petugas cek fisik (yang menggesek nomor rangka dan nomor mesin). Kebetulan bapak petugas gesek jujur bilang ke saya untuk tip seikhlasnya. Di sini saya beri dia 5000 rupiah, kasian gesek nomor mesin dan nomor rangka di dekat knalpot yang masih panas di hari yang panas pula.

Setelah stiker nomor mesin dan nomor rangka ditempelkan pada form cek fisik, serahkan form tersebut beserta BKPB, STNK dan KTP di dalam map ke Loket Cek Fisik. Sebutkan juga tujuannya adalah Cek Fisik Bantuan supaya tidak terjadi kesalahan proses. Petugas akan memeriksa form beserta BPKB dan STNK untuk kesesuaian data dan akan diberi stempel dan keterangan Cek Fisik Bantuan.

Tunggu beberapa menit, kebetulan karena kondisinya tidak ramai meskipun hari sabtu, proses ini hanya berjalan sekitar 2 menit, anda akan dipanggil untuk penyerahan semua dokumen yang sudah diperiksa. Bila prosesnya benar panggilan akan diawali dengan kalimat cek fisik bantuan dan ada keterangan cek fisik bantuan pada form.

Selesai…
Anda bisa langsung membawa pulang dokumen anda dan memprosesnya di kota asal penerbitan STNK. Jangan lupa motornya juga dibawa. Jangan sampai anda datang naik motor pulang naik angkot.

Proses berikutnya anda tinggal mengirim dokumen tersebut ke kampung halaman untuk meminta bantuan siapa saja yang sedang berada di rumah untuk proses pembayaran pajak dan cetak plat nomor.

Bila anda memproses sendiri, anda perlu melepas semua staples karena anda harus mem-fotocopy dokumen-dokumen tersebut untuk keperluan pemeriksaan hasil cek fisik dan membayar pajak.

Serahkan semua dokumen asli dan copy termasuk form cek fisik bantuan yang sudah dikemas dalam map khusus ke loket cek fisik di kota asal. Di sana kita akan di beri form baru dengan membayar 80 ribu rupiah untuk dokumentasi. Isi formulir sesuai STNK dan BPKB kemudian serahkan semua dokumen ke bagian arsip. Tunggu beberapa saat dan kita akan dipanggil untuk pengembalian BPKB dan berkas. Serahkan berkas ke Loket 1, lakukan pembayaran pajak seperti biasa. Di sini KTP, slip pajak dan STNK akan dikembalikan menurut prosedur yang berlaku, kemudian lakukan proses pencetakan Plat nomor.

Keseluruhan proses lanjutan di samsat asal memakan waktu sekitar 1 jam tergantung panjang antrian. Keseluruhan proses sudah selesai termasuk pengembalian BPKB, STNK, KTP dan cetak plat nomor.

Catatan : lama proses dan biaya formulir bisa berbeda tergantung kebijakan dan prosedur proses di samsat daerah masing-masing.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Publik pada tanggal Apr 23, 2016
Tags : , , , ,


www.000webhost.com