Prosedur Pembatalan Dan Refund Tiket Kereta Api


Saat ini, prosedur atau tata cara untuk membatalkan tiket kereta api tidak seperti biasanya. Dahulu bila ingin membatalkan tiket kereta api, kita tinggal datang ke stasiun, menuju ke loket dan melakukan pembatalan, dimana biaya pengembalian bervariasi tergantung dari berapa lama waktu pembatalan dari keberangkatan.

Sekarang jumlah uang yang dikembalikan tidak lagi bervariasi, dan hanya dipotong 25% saja. Prosesnya juga berubah menjadi lebih rumit.

Pertama kita perlu mencetak boarding pass kemudian menuju ke Customer Service, atau bila boarding pass belum bisa dicetak, kita perlu membawa bukti pembelian tiket dan menunjukkan bukti pembelian tiket ke petugas Customer Service untuk dilakukan pembatalan.

Salah satu persyaratan untuk pembatalan adalah foto copy KTP. Bila anda tidak menyiapkan foto-copy KTP, biasanya petugas Customer Service akan membatu untuk membuat foto copy KTP, gratis, menggunakan alat foto copy yang tersedia.

Perhatian, mungkin Customer Service di stasiun tertentu tidak memiliki mesin foto copy, sehingga anda perlu menyiapkan sendiri foto copy KTP.

Metode pengembalian biaya ada 2 pilihan, yaitu diambil sendiri secara cash di Loket stasiun yang kita tentukan, atau melalui transfer otomatis ke rekening kita. Pengembalian biaya baru bisa diambil atau didapatkan minimal 30 hari hingga maksimal 45 hari sejak diajukannya pembatalan tiket.

Refund dengan metode transfer

Untuk refund dengan transfer otomatis ke rekening bank, bila dalam waktu 30 hari dana belum juga masuk ke rekening, sebaiknya menunggu hingga 45 hari. Bila lebih dari 45 hari masih belum juga masuk, segera datang ke Customer Service stasiun (di mana pun anda berada) untuk segera diproses.

Refund atau pengembalian biaya pembatalan tiket kereta api melalui loket

Untuk refund yang diambil sendiri secara cash, hanya bisa diambil setelah 30 hari, sesuai tanggal yang tertera pada struk refund. Tidak bisa diambil lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Uang yang dikembalikan bisa langsung diambil di loket khusus pembatalan tanpa antri.

Bagaimana bila terlambat mengambil refund atau pengembalian biaya tiket ?

Selama tidak terlambat lebih dari 15 hari, refund bisa langsung diambil di loket stasiun sesuai dengan yang tertera pada struk pembatalan tiket. Bila terlambat lebih dari 15 hari, menurut informasi yang saya dapat dari akun resmi KAI, sebaiknya menginformasikan ke Customer Service terlebih dahulu pada hari dan jam kerja ( 09.00 – 15.00 ) untuk diproses lebih lanjut.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Publik pada tanggal Jan 29, 2018
Tags : ,