Review : Mini Desk Fan USB


Kali ini saya mencoba sebuah produk elektronik mini berupa kipas angin USB, mini desk fan dengan laci untuk menempatkan air dingin sehingga bisa menghasilan angin yang lebih dingin dan segar. Mini desk fan USB ini saya beli melalui sebuah toko online Indonesia beberapa waktu lalu.

Kipas angin mini ini memiliki desain yang standart bagi sebuah kipas mini dengan posisi pisau kipas tersembunyi di dalam membuat kipas ini aman untuk digunakan terutama bagi mereka yang memiliki anak balita.

Di dalam kemasan kita juga akan mendapat beberapa butiran pewangi aroma terapi yang bisa dicelupkan ke dalam air yang diletakkan di dalam laci kecil di bawah kipas.

box pembungkus usb mini fan

gambar box pembungkus USB mini fan aroma terapi

Setelah mencoba ini adalah beberapa hal yang saya dapati :

kekuatan angin cukup kencang dan memang kondisi angin sedikit lebih dingin bila lagi diisi dengan air. Laci juga bisa diisi dengan es untuk angin yang lebih dingin. Cocok untuk digunakan ketika udara sangat panas.

terdapat kabel USB untuk digunakan dengan charger HP bila sedang di rumah atau power bank bila sedang berada di luar ruangan atau dicolokkan ke slot USB laptop.

Produk yang saya beli memiliki 3 slot baterai AA untuk sumber energi bila tidak ingin menggunakan kabel USB tetapi ketika saya coba ternyata alat tidak berfungsi. Di sini menurut saya ada 2 kemungkinan : 1. Alat yang saya beli cacat; 2. Voltase kurang sehingga alat memang tidak bisa berfungsi bila menggunakan baterai;
Tenaga dari USB menghasilkan keluaran daya 5V sedangkan dari 3 baterai totalnya adalah 3 x 1.5V = 4.5V.

Menggunakan alat ini kita bisa bermain laptop dan menikmati udara dingin yang dihasilkan oleh kipas angin mini ini, tetapi sayangnya suaranya terlalu berisik sehingga kurang cocok digunakan bila ingin menikmati dinginnya kipas mini ini dalam kondisi yang tenang. Mungkin kita bisa menggunakan kipas ini di luar ruangan sehingga suara berisik kipasnya bisa sedikit tersamarkan oleh suara-suara lain di luar ruangan.

Pro :
Desain mini
Angin kencang
Ada pewangi
Membutuhkan daya kecil dari USB

Con :
Berisik
Baterai tidak berfungsi*
Posisi kipas hanya bisa diposisikan ke atas dan ke bawah

Kipas mini dan butiran pewangi di dalam laci

gambar USB mini fan aroma terapi

Catatan :
* Untuk penggunaan baterai kemungkinan berbeda untuk masing-masing barang.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Gadget, Review pada tanggal May 03, 2016