Robot Wajib Dibekali ‘Kill Switch’


Perkembangan robotika yang semakin pesat membuat Uni Eropa mengeluarkan kebijakan mengenai produksi dan prosedur menggunakan robot yang disebut sebagai kode etik otomasi atau automaton ethics. Salah satunya adalah aturan untuk melengkapi berbagai perangkat otomatis, terutama robot, dengan “kill switch”.

Kill switch adalah sebuah sistem mekanisme keamanan yang digunakan untuk mematikan mesin atau perangkat dalam keadaan darurat, hal ini bisa dilakukan secara manual maupun otomatis untuk menghentikan operasi mesin tanpa merusak perangkat.

Dunia robotika semakin banyak digunakan dalam kehidupan manusia, terutama yang saat ini gencar dikembangkan dan diproduksi adalah mobil-mobil tanpa sopir atau driverless car.

Hal ini dilakukan sebagai sebuah langkah untuk mengantisipasi salah satu skenario apocalyptic dimana robot mulai melawan tuan-tuan manusia mereka. Seperti yang kita ketahui saat ini Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan semakin berkembang dan mesin-mesin mulai memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan.

Uni Eropa juga berusaha mencari jalan untuk membantu orang-orang yang kehilangan pekerjaannya karena telah digantikan oleh robot dengan semakin banyaknya industri-industri besar yang menggunakan robot untuk menjalankan tugas secara otomatis, terutama produksi.

Salah satu tujuan utama dibuatnya kode etik otomasi ini adalah untuk memastikan bahwa robot-robot tersebut tetap di bawah kendali manusia dan digunakan untuk membantu aktifitas manusia, bukan sebaliknya.

Saya sebagai salah satu fans film Terminator setuju dengan kebijakan ini, jangan sampai skenario di film Terminator jadi kenyataan. Dunia perfilman barat memang banyak sekali memproduksi film-film bergenre fiksi ilmiah, tetapi beberapa hal dalam film-film tersebut diambil dari kenyataan, seperti misalnya penggunaan antimatter sebagai bahan bakar dalam film Star Trek yang dalam dunia nyata memang antimatter ini adalah salah satu sumber energi yang efisien, tetapi sangat berbahaya.

Referensi : Robots need ‘kill switches’, warn Euro MPs – Phys.org


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Teknologi pada tanggal Jan 16, 2017
Tags :