Rubik’s Cube, Gimana Kabarnya ?


Rubiks cube adalah salah satu permainan yang cukup menantang dan disukai oleh tua dan muda. Keseruan dari permainan ini adalah ketika kita berkumpul bersama sesama pecinta rubiks cube dan saling bertukar metode solving beberapa kasus maupun saling berlomba siapa yang bisa menyelesaikan permainan ini dengan cepat, maupun metode blindfold (metode untuk menyelesaikan rubiks cube dengan mata tertutup).

Saya sendiri baru mengenal permainan ini sekitar tahun 2009, ketika itu Rubiks cube sedang booming di Surabaya dan saya juga sempat ikut kompetisi lokal yang diselenggarakan oleh salah satu komunitas Rubik di Indonesia.

Saat ini saya jarang sekali mendengar beberapa berita mengenai rubiks cube sehingga seakan-akan trend permainan ini mulai memudah, tetapi ternyata masih ada beberapa komunitas yang masih aktif dan masih menyelenggarakan berbagai event yang berhubungan dengan rubiks cube. Rekor-rekor dunia pun terus bersaing hingga saat ini.

hmm.. mungkin saya yang kurang mengikuti perkembangan permainan ini.


Hari ini adalah hari terakhir kompetisi Rubiks cube yang resmi dilaksanakan oleh WCA (World Cube Association) yang berlangsung sejak tanggal 12 Agustus 2016 bertempat di Yogyakarta yang berlokasi di FoodWalk Sahid J-Walk, Jl. Babarsari No. 21, Catur Tunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mini Foodcourt, lantai 1. Tentunya kompetisi mengikuti regulasi WCA yang berlaku.

Saya sendiri sudah lama tidak memainkan permainan ini tetapi setidaknya saya masih bisa menyelesaikan rubiks cube 3x3x3 dengan rata-rata waktu di bawah 30 detik menggunakan metode solving yang saya gunakan, meskipun hanya untuk iseng saja.

Untuk berbagai informasi mengenai kegiatan atau aktifitas permainan rubiks cube di seluruh dunia kita bisa mengunjungi website Asosiasi Rubiks Cube Dunia atau World Cube Association / WCA.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Games pada tanggal Aug 14, 2016
Tags :