Step-by-step Membuat Bootable Flash Drive Untuk LINUX


Pada postingan saya sebelumnya di weblog lama mengenai Install LINUX dari USB Flash Drive saya hanya menjelaskan secara singkat cara yang mudah untuk menginstall atau menjalankan LINUX dari Flash Drive atau Flash Disk. Kali ini akan saya bahas lebih detil mengenai topik tersebut.

Seperti sebelumnya, kita akan memerlukan sebuah software khusus untuk membuat bootable Flash Drive bernama Universal USB Installer (disingkat UUI). Selain itu kita juga akan memerlukan :

  1. Flash Drive / Flash Disk, atau boleh menggunakan Memory Card bila kita memiliki Card Reader dengan ukuran minimum 1GB (tergantung besar ISO LINUX), ukuran yang direkomendasikan adalah 4GB.
  2. ISO LINUX yang bisa kita download di homepage masing-masing

Ketika menjalankan aplikasi UUI, kita akan menemui window seperti ini

gambar interface Universal USB Installer

Pada gambar di atas kita melihat ada 3 step utama untuk membuat bootable Flash Drive dan 1 step optional (akan ditampilkan setelahnya) sehingga total memiliki 4 step. Di bawah ini adalah contoh penggunaan aplikasi Universal USB Installer (UUI) untuk membuat sebuah bootable Flash Drive dimana kita bisa menjalankan LINUX secara langsung tanpa melakukan instalasi atau menggunakan bootable Flash Drive tersebut untuk menginstall LINUX. Pada contoh berikut saya menggunakan sistem LINUX yang saat ini saya pakai yaitu Elementary OS Freya

Pada Step 1 kita memilik jenis varian LINUX distro yang akan kita gunakan, di sini varian dari OS LINUX yang saya pakai adalah Elementary OS.
Pada Step 2 kita pilih ISO LINUX yang sudah kita download sebelumnya dari homepage masing-masing developer. Untuk Elementary OS bisa didownload DI SINI.
Pada Step 3 kita akan memilih lokasi Flash Drive atau Memory Card dimana kita akan menjalankan dan menginstall LINUX. Pada contoh di atas saya menggunakan MMC Memory Card dengan kapasitas 16GB (Pada gambar tertulis 14GB karena sudah terpakai sebesar 2GB). Kita boleh mem-format atau tidak mem-format Flash Drive bila kita menyimpan data pada drive tersebut.
Pada Step 4 yang merupakan step yang sifatnya opsional (tidak wajib) kita diminta untuk menginputkan “presistent file size” yaitu sebuah file dengan ukuran khusus yang akan digunakan oleh LINUX untuk menyimpan berbagai perubahan yang kita lakukan saat menjalankan LINUX dari Flash Drive. Untuk pilihan yang satu ini boleh tetap 0, tetapi saran saya setidaknya kita memberi sedikit ruang (mungkin antara 250MB – 500MB) untuk penyimpanan karena varian LINUX tertentu membutuhkan ruang juga untuk proses instalasi. Pada contoh saya menggunakan sekitar 500MB untuk penyimpanan.
Kemudian tekan tombol Create dan tunggu hingga proses selesai.

gambar contoh membuat bootable Flash Disk untuk Elementary OS Freya

Proses Instalasi

Untuk proses instalasi ketika kita melakukan proses booting, pastikan kita memasuki pilihan menu booting, biasanya tekan tombol Esc saat splash screen BIOS atau F8 atau tombol lain tergantung versi BIOS masing-masing laptop atau komputer, atau bisa juga dengan masuk ke menu BIOS dan mengubah bootable device utama dari hard-disk ke Flash Disk.

Bila proses booting berhasil kita akan diarahkan ke menu bootloader (GRUB), dari sini biasanya ada 3 pilihan, yaitu menjalankan LINUX langsung dari Flash Drive, Menginstall Linux atau meninggalkan LINUX bootloader dan masuk ke windows.

Bila kita memilih untuk menjalankan LINUX langsung dari Flash Drive kita akan mendapati satu icon pada desktop untuk menginstall LINUX dan kita akan dihadapkan pada menu instalasi visual mirip seperti saat kita install windows. Dari sini kita hanya perlu mengikuti proses intalasi sesuai dengan keterangan dan panduan secara visual.

Beberapa varian LINUX ada yang sudah memiliki paket software dalam ISO nya seperti office dan GIMP photo editor sehingga kita bisa bekerja tanpa harus menginstall LINUX di mana pun, misalnya di komputer kantor atau komputer teman untuk mengetik laporan, proposal, atau mengedit foto termasuk juga browsing bila terhubung dengan internet, karena itulah ada baiknya bila Flash Drive atau Flash Disk kita dilengkapi dengan OS Linux untuk memudahkan pekerjaan atau mengerjakan tugas kuliah untuk antisipasi komputer atau laptop kita sedang bermasalah.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori LINUX pada tanggal Oct 21, 2015
Tags : ,


www.000webhost.com