Teman Kecil Bumi Mengelilingi Matahari


Selama beberapa abad ke depan Bumi memiliki satelit kecil yang menemaninya mengitari Matahari bersama dengan Bulan, sebuah ateroid berukuran kecil yang diberi nama 2016 HO3 mengorbit Matahari bersama dengan Bumi sebagai sebuah satelit quasi hingga terlepas dari orbitnya.

Ilustrasi orbit 2016 HO3 terhadap Matahari dan Bumi
Image Credit: NASA/JPL-Caltech

Selain mengitari Matahari, asteroid ini juga mengitari Bumi dengan jarak terjauhnya sekitar 100 kali jarak Bumi-Bulan dan jarak terdekatnya adalah sekitar 38 kali jarak Bumi-Bulan. Dengan orbitnya yang relatif miring terhadap orbit Bumi membuat asteroid ini tampak bergeser naik dan turun terhadap orbit bumi sepanjang tahun.

Karena jaraknya yang terlalu jauh untuk dianggap sebagai satelit Bumi, maka asteroid ini dikategorikan sebagai satelit quasi (quasi-satellite)

Quasi-satellite adalah sebuah objek yang memiliki konfigurasi orbit tertentu terhadap sebuah planet dimana objek ini akan mengorbit planet tersebut selama periode orbit tertentu. Quasi satellite ini biasanya memiliki eksentrisitas orbit lebih besar (orbit lebih elips).

Asteroid lain yang juga sempat menjadi quasi-satellite bumi adalah 2003 YN107 yang memiliki orbit yang hampir sama dengan 2016 HO3, tetapi sekitar 10 tahun yang lalu meninggalkan orbitnya. 2016 HO3 memiliki orbit yang sedikit lebih stabil dan menurut perhitungan asteroid ini sudah menjadi satelit mini Bumi sejak satu abad yang lalu dan kemungkinan akan terus menemani Bumi selama beberapa abad mendatang.

Asteroid 2016 HO3 pertama kali ditemukan pada tanggal 27 April 2016 oleh teleskop survey asteroid di Haleakala, Hawaii yang dioperasikan oleh Institut Astronomi Universitas Hawaii yang dibiayai oleh Planetary Defense Coordination Office milik NASA.

Source :
Small Asteroid Is Earth’s Constant Companion – NASA/JPL-Caltech


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Astronomi pada tanggal Jun 17, 2016
Tags : ,


www.000webhost.com