Tips Mengambil Foto Gerhana Bulan Total


Gerhana bulan total adalah sebuah fenomena alam yang terjadi setiap tahun dan beberapa tahun sekali bisa terjadi hingga dua gerhana bulan total yang bisa dinikmati dari satu tempat yang sama. Mereka yang tertarik dengan astronomi biasanya akan mengabadikan fenomena ini. Berikut sedikit tips untuk bisa mendapatkan foto gerhana bulan total dengan baik.


Awal fase total, gerhana bulan total 31 Januari 2018

Kamera

Untuk kamera sangat disarankan untuk menggunakan kamera SLR Digital. Dengan kamera DSLR kita bisa melihat apakah hasil foto yang kita ambil sesuai dengan keinginan atau tidak. Selain itu kamera DSLR lebih fleksibel untuk urusan lensa, karena bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Bila ingin mengabadikan menggunakan kamera smartphone, disarankan untuk menggunakan aksesoris pendukung seperti lensa tele universal karena zoom pada kamera smartphone hanya zoom digital yang hanya memperbesar ukuran piksel saja. Saat ini ada beberapa merk smartphone yang memiliki zoom optik, tetapi harganya sangat mahal.

Lensa

Untuk lensa sangat disarankan untuk menggunakan lensa tele di atas 200mm untuk mendapatkan zoom yang optimal. Semakin tinggi semakin baik.

Tripod

Saat fase gerhana bulan total tingkat kecerahan bulan akan turun drastis sehingga kita perlu mengambil gambar dengan speed lambat karena kita harus mengambil gambar dengan ISO yang rendah untuk mengurangi noise pada hasil gambar, karena itu tripod sangat diperlukan.

Persiapan mengambil gambar

Saat pengambilan gambar, usahakan kita mengambil gambar secara full manual ( mode M ) dan melakukan kalibrasi pencahayaan. Untuk melakukan kalibrasi pencahayaan pertama kita ambil gambar dengan setting sebagai berikut : ISO 200 / 400, F/8-10, speed akan menyesuaikan dengan pencahayaan. Coba ambil gambar, bila tampilan bulan terlalu gelap atau terlalu terang sebisa mungkin gunakan speed untuk mendapatkan pencahayaan gambar yang diinginkan. Bila sudah, gunakan setting itu sebagai standart ukuran pencahayaan anda.

Nantinya, ketika bulan mulai gelap karena memasuki fase total atau mulai kembali terang karena meninggalkan fase total, anda bisa membayangkan berapa stop saya harus menaikkan atau menurunkan pencahayaan dengan memainkan speed.

Setting White Balance (WB)

Ubah setting WB menjadi manual. Karena yang dipantulkan oleh bulan adalah cahaya matahari maka kita bisa menggunakan day light untuk mendapatkan warna kemerahan yang optimal.


Fase total, gerhana bulan total 31 Januari 2018

Gunakan kabel release atau timer saat mengambil gambar

Tujuannya adalah supaya kamera tidak goyang, yang menyebabkan gambar menjadi blur karena kita mengambil gambar dengan speed lambat hingga 1 detik ( 1″ ).

Set manual fokus

Pada beberapa merk kamera autofocus sulit mendapatkan fokus pada obyek yang gelap, untuk itu manual fokus lebih direkomendasikan untuk mengambil gambar gerhana bulan total. Lakukan kalibrasi fokus dengan mengambil gambar menggunakan timer atau kabel release dan menyesuaikan fokus bila hasil gambar tidak atau kurang fokus. Bila gambar sudah fokus, anda tinggal menunggu momen yang tepat untuk mengambil gambar.

Foto di atas sudah dipublikasikan di instagram : @a17nphotography


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Photoblog pada tanggal Jan 31, 2018
Tags : , , ,