Uji Coba Peluncuran Roket Falcon Heavy dan The Arch


Roket Falcon Heavy | image : SpaceX webcast

Beberapa waktu lalu, SpaceX melakukan uji coba peluncuran roket terkuat di dunia, Falcon Heavy. Falcon Heavy sebenarnya adalah gabungan dari 3 roket Falcon 9 dengan total 27 mesin pendorong. Tidak hanya melakukan ui coba saja, tetapi ada beberapa hal lain yang dilakukan dalam uji coba peluncuran kali ini.

Diramalkan akan gagal

Elon Musk, pendiri SpaceX sendiri merasa bahwa kemungkinan untuk gagal sangat besar dalam uji coba ini. Dengan jumlah mesin penorong yang begitu banyak berbagai hal bisa terjadi. Salah satu mesin saja gagal bisa berakibat fatal bagi peluncuran. Belum lagi bila roket meledak di dekat platform peluncuran, akan memerlukan biaya sangat besar untuk memperbaikinya.

Uji coba peluncuran sukses

Ternyata, berbeda dengan yang dikhawatirkan oleh Elon Musk dan sebagian besar orang yang ikut terlibat dalam peristiwa ini, uji coba peluncuran roket Falcon Heavy berjalan mulus, meskipun dari cuplikan video ada kemungkinan pendaratan Central Core atau roket pendorong utama ke drone ship ada kemungkinan mengalami masalah.

Booster Roket kembali ke landasan

Hal yang paling “keren” dari uji coba peluncuran roket Falcon Heavy ini adalah ketika kedua side booster secara otomatis kembali dan mendarat di landing pad secara bersamaan. Ke depannya booster ini bisa digunakan kembali untuk menghemat biaya peluncuran.

Melepaskan beberapa objek di orbit bumi

Ada beberapa benda yang dilepaskan ke orbit bumi sebagai uji coba dan penelitian, meskipun beberapa di antaranya terkesan dilakukan “just for fun”. Berikut adalah benda-benda yang dilepaskan ke orbit oleh Falcon Heavy.

Tesla Roadster
Tesla Roadster yang dilepaskan di orbit bumi dan bersinggungan dengan orbit Mars ini adalah mobil pribadi milik Elon Musk yang kemungkinan akan terus mengorbit hingga jutaan tahun ke depan.

Spacemen dan Desain baru Space Suit
Spacemen adalah sebuah manekin yang ditempatkan di posisi driver pada Tesla Roadster yang dilepaskan ke orbit, tidak hanya itu pakaian yang dikenakan oleh Spacemen ini adalah desain baru pakaian bertekanan yang nantinya akan dikenakan oleh para astronot Dragon.

Tesla Roadster Hot Wheel
Ada mainan Hot Wheel miniatur Tesla Roadster dan Spacemen yang ditempatkan pada Tesla Roadster yang dilepaskan ke orbit.

Media Penyimpanan Optik 5D
Sebuah media penyimpanan optik 5D berbasis kuarsa bernama The Arch juga ditempatkan pada Tesla Roadster yang mengorbit bumi. Hal ini dilakukan untuk menguji ketahanan media penyimpanan ini di kondisi yang tidak bersahabat di luar angkasa.

Sebuah Plakat Berisi Nama Pegawai SpaceX
Sebuah plakat berisi 3000 nama mereka yang saat itu bekerja di SpaceX juga diluncurkan bersama dengan mobil Tesla Roadster milik Elon Musk.

Apa itu media penyimpanan optik 5D yang diberi nama The Arch ?

The Arch adalah media penyimpanan optik (berbentuk disk) yang terbuat dari kaca ‘lima dimensi’. Metode lima dimensi ini pertama kali didemonstrasikan pada tahun 2013. Menurut ilmuwan, data dengan format baru ini memiliki umur hingga 13.8 milyar tahun dan mampu bertahan pada suhu 190°C.

Media penyimpanan ini mampu menyimpan data dengan kapasitas sangat besar. Sebuah disk berukuran normal (ukuran standart CD/DVD) mampu menyimpan data hingga 360 terabyte.

Pada uji coba peluncuran roket Falcon Heavy, satu disk yang berisikan copy dari novel Isaac Asimov’s Foundation’ ikut diluncurkan ke orbit Bumi-Mars.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Dunia pada tanggal Feb 08, 2018
Tags : , ,