Viral HOAX : Partikel Emas Menyebabkan Alzheimer


viral hoax

Hari ini ketika saya buka Facebook, ada banyak informasi beredar bahwa mengenakan perhiasan emas bagi pria berbahaya bagi kesehatan terutama bisa menyebabkan penyakit Alzheimer. Mereka juga mengklaim bahwa kondisi ini juda didukung oleh diharamkannya menggunakan perhiasan emas bagi pria dalam Islam. Benarkah informasi ini ?

Ternyata setelah saya telusuri, informasi ini tidak benar. Partikel emas tidak menyebabkan alzheimer, tetapi dengan bantuan radiasi gelombang mikro, yang terjadi justru sebaliknya.

Fakta : Nano partikel emas dan radiasi gelombang mikro memiliki kemungkinan untuk digunakan sebagai media terapi bagi penderita alzheimer.

Seperti dilansir dari situs informasi ilmiah phys.org, bahwa beberapa orang ilmuwan dari Chile dan Spanyol ternyata menemukan bahwa Nano partikel emas ditambah dengan radiasi gelombang mikro lemah bisa membantu menghancurkan gumpalan protein yang berhubungan dengan penyakit alzheimer. Adanya protein-protein abnormal yang menggumpal ini adalah ciri-ciri yang dialami penderita beberapa penyakit seperti alzheimer, parkinson, huntington dan diabetes tipe 2.

Hasil riset menunjukkan bahwa nanopartikel mampu membantu melawan penyakit ini. Meskipun demikian tes kelanjutan masih perlu dilakukan kepada hewan percobaan, sebelum untuk kedepannya digunakan sebagai terapi untuk penyakit alzheimer pada manusia.

Kogan dan koleganya di Spanyol mengembangkan partikel emas dengan ukuran sekitar 10 nanometer dengan peptida yang nantinya akan berhubungan dengan protein-protein abnormal yang ditemui pada penderita alzheimer. Partikel ini cukup kecil untuk menembus membran sel dan menyerap radiasi gelombang mikro (microwave).

Ilmuwan kemudian mendiamkan nanopartikel tersebut di dalam gumpalan protein selama kurang lebih satu minggu hingga protein abnormal benar-benar terkumpul. Menggunakan gelombang mikro dengan kekuatan 6 kali lebih rendah dari yang digunakan pada telepon genggam, para ilmuwan mendapati bahwa setelah terpapar radiasi selama beberapa jam, nanopartikel mampu mencapai suhu yang cukup untuk menghancurkan gumpalan yang berbahaya tersebut dan mampu menjaga supaya protein-protein abnormal ini tidak lagi menggumpal hingga jangka waktu kurang lebih satu minggu.

Proses ini hanya bisa didapat dengan menggunakan nanopartikel dan radiasi gelombang mikro secara bersama-sama. Bila digunakan secara individu, nano partikel emas sendiri tidak berpengaruh terhadap protein abnormal, dan gelombang mikro tanpa nano partikel emas justru mempercepat pertumbuhan gumpalan protein abnormal. Bila digunakan bersama-sama mereka bisa membantu menghancurkan gumpalan protein yang dialami oleh penderita alzheimer.

Mengapa ada klaim bahwa partikel emas justru menyebabkan alzheimer ?

Seperti yang saya telusuri informasi ini banyak beredar di media-media sosial di Indonesia termasuk di beberapa blog dan media lainnya.

Kemungkinan siapa pun yang menuliskan artikel ini berawal dari satu orang yang menterjemahkan dari situs berbahasa asing, tetapi dia sendiri kurang mengerti bahasanya (dengan kemampuan bahasa asing pas-pasan) dan menterjemahkan seadanya tanpa mengerti maksud dari artikel utama.

Atau

Penulis artikel-artikel tidak benar itu menggunakan fasilitas penterjemah online yang hasilnya tidak akurat dan ditulis kembali berdasarkan pemahamannya akan kalimat-kalimat yang tidak beraturan hasil terjemahan mesin sehingga informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan informasi yang sebenarnya.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Kesehatan, Science pada tanggal Jul 22, 2017
Tags : , , ,