VX Nerve Agent Yang Digunakan Untuk Membunuh Kim Jong Nam



Beberapa waktu lalu dunia dikejutkan dengan pembunuhan sosok bernama Kim Jong Nam, saudara dari Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara, yang menurut penyelidikan ada indikasi bahwa pembunuhan ini direncanakan oleh tiga orang warga negara Korea Utara yang diduga merupakan kaki tangan Kim Jong Un sendiri.

Dari penyelidikan ditemukan bahwa Kim Jong Nam dibunuh menggunakan bahan kimia yang teridentifikasi sebagai VX nerve agent. Apa itu VX nerve agent yang diduga digunakan untuk membunuh Kim Jong Nam ?

VX nerve agent adalah sebuah organofosfat (asam fosfor) yang sangat beracun, tidak berasa dan tidak berbau. Racun ini menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf dan biasa digunakan sebagai racun syaraf dalam perang yang melibatkan senjata kimia. Hanya 10 miligram dari bahan kimia ini sudah cukup mematikan bila terkena kulit dan oleh Resolusi PBB nomor 687 dikategorikan sebagai senjata pemusnah massal.

Menurut Konvensi Senjata Kimia pada tahun 1993 dinyatakan mengenai larangan bagi produksi dan penyimpanan bahan kimia ini di atas 100 gram per tahun, kecuali untuk kepentingan “penelitian, medis dan pengembangan obat-obatan dalam fasilitas berskala kecil yang boleh memproduksi dan menyimpan bahan kimia ini hingga 10 kg per tahun per fasilitas”.

Gas syaraf VX pertama kali dikembangkan di Inggris pada tahun 1950-an sebagai racun untuk perang kimia. Para ahli menyatakan bahwa racun syaraf ini juga pernah diproduksi ulang oleh Amerika, Russia, Syria (Suriah), dan Iraq.

Dalam kasus pembunuhan Kim Jong Nam, racun syaraf ini ditemukan pada bagian wajahnya sehingga racun syaraf ini tidak hanya masuk ke tubuh melalui pori-pori kulit, tetapi juga kemungkinan terhirup sehingga terjadi sedikit kontaminasi racun syaraf pada paru-paru.

Ahli kesehatan senjata kimia University of Sydney mengatakan bahwa bila memang terbukti bahwa Kim Jong Un menggunakan bahan kimia berbahaya ini untuk membunuh Kim Jong Nam di Malaysia, hal ini menunjukkan bahwa Korea Utara tidak segan-segan untuk menggunakan senjata perang di negara asing.

Reverensi :
VX Nerve agent used to kill Kim Jong Nam, police say – CNN
VX (nerve agent) – Wikipedia
What is VX nerve agent, and what could North Korea do with it? – CNN


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Dunia pada tanggal Feb 25, 2017
Tags :