Yang Perlu Diketahui Tentang Emas


gambar ilustrasi untuk berbagai fakta tentang emas

Emas adalah sebuah mineral yang paling disukai, dan dianggap paling berharga di dunia. Manusia menggunakan emas untuk banyak hal mulai dari menghias diri hingga untuk kebutuhan finansial terutama investasi. Ternyata tidak hanya sebagai perhiasan dan media investasi saja, ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang emas.

Mari kita bahas kegunaan emas secara singkat beserta manfaatnya dalam kehidupan manusia.

Sebagai barang berharga

Emas paling dikenal sebagai barang berharga dalam kehidupan manusia. Sejak tahun 4000 sebelum masehi manusia mulai memperindah tubuh dengan berbagai aksesoris yang terbuat dari emas. Berbagai hal yang dihiasi atau dilapisi dengan emas memberi kesan mewah dan elegan. Bahkan dalam berbagi kisah, setiap ada pembicaraan mengenai harta atau harta karun, yang paling banyak disebutkan atau digambarkan adalah tumpukan emas.

Salah satu kegunaan yang paling kita kenal adalah emas sebagai media investasi. Kenaikan nilai emas yang signifikan pada tahun 90an mencapai puncaknya beberapa tahun yang lalu, dan banyak orang yang telah meraup keuntungan dengan berinvestasi dalam mineral ini.

Konduktor listrik terbaik

Konduktifitas adalah kemampuan sebuah materi dalam mentransmisikan energi. Ada tiga elemen yang memiliki konduktifitas tinggi, yaitu perak, tembaga, dan emas. Meskipun perak adalah konduktor terbaik diantara ketiganya, tetapi tembaga dan emas adalah yang paling banyak digunakan karena tembaga memiliki biaya produksi yang lebih murah dan emas memiliki tingkat ketahanan tertinggi terhadap korosi daripada perak.

Anti radiasi

Selain sebagai konduktor, emas juga digunakan sebagai pelapis berbagai wahana luar angkasa. Emas dipilih karena kemampuannya memantulkan lebih banyak frekuensi gelombang cahaya dibandingkan elemen logam mengkilat lainnya.

Di luar angkasa, radiasi bintang kita dipancarkan dalam bentuk cahaya dalam berbagai panjang gelombang sehingga lapisan emas dapat mengurangi radiasi yang diterima oleh wahana luar angkasa secara signifikan dan menjaga temperatur berbagai peralatan di dalamnya supaya dapat bekerja dengan maksimal. Kaca pada helm yang digunakan oleh astronot juga dilapisi dengan lapisan tipis emas untuk melindungi astronot dari radiasi berlebih terutama ketika melakukan space walk.

Emas sebagai catalyst

Catalyst adalah sebuah zat (apa pun itu) yang mampu mempercepat reaksi kimia tanpa menghilangkan zat catalyst itu sendiri. Emas telah menjadi catalyst yang sangat berguna di bidang industri, beberapa diantaranya adalah :

Serta berbagai kegunaan lainnya di bidang industri yang berhubungan dengan reaksi kimia.

Efek Emas Pada Tubuh Manusia Dan Dunia Medis

Dalam dunia pengobatan alternatif, emas dikenal memiliki energi yang membawa getaran lembut kepada tubuh untuk membantu proses penyembuhan. Radiasi yang dipancarkan oleh emas akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Emas mempunyai sejarah panjang sebagai media pengobatan. Dalam pengobatan dengan metode akupuntur (acupuncture), jarum perak dan jarum emas telah digunakan selama ribuan tahun. Hingga saat ini, dokter bedah juga memanfaatkan emas dalam berbagai prosedur untuk mengobati peradangan.

Saat ini dokter memanfaatkan emas sebagai media untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk diantaranya adalah mengobati kanker. Nanopartikel emas yang ditembak dengan radiasi mampu menghancurkan sel kanker serta sel-sel lain yang menyebabkan berbagai penyakit termasuk alzheimer dan penyakit lain yang disebabkan oleh gumpalan-gumpalan tidak sehat dalam tubuh.

Partikel emas tidak merusak sel-sel sehat, tetapi partikel emas yang terbenam dalam sel kanker akan mengubah radiasi menjadi energi panas menyebabkan penguapan sel kanker di sekitarnya, pemuaian dan kolaps sehingga menghancurkan sel kanker yang merusak tubuh manusia. Sisa partikel emas akan membuat sel-sel sehat di sekitarnya tetap terjaga.

Dengan berbagai fakta di atas, maka tidak heran bahwa emas adalah elemen logam yang paling diminati dan mendapat julukan sebagai logam mulia karena manfaatnya yang begitu besar dalam kehidupan manusia, tidak hanya di bidang ekonomi saja tetapi juga di bidang medis dan industri.

Trivia :
Partikel emas juga terdapat secara alami dalam tubuh manusia dalam jumlah yang sangat sedikit, yaitu sekitar 0.2 miligram dan konsentrasi paling banyak terdapat dalam darah.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Kesehatan, Science pada tanggal Aug 02, 2017
Tags : , , ,


www.000webhost.com